Ternyata Fashion Style Punya Sejarah Tersendiri

Mungkin banyak dari kalian menyangka bahwa fashion hanya sekadar gaya. Namun ternyata fashion sendiri memiliki sejarah tersendiri. Selain sejarah berikut ini akan dibahas banyak hal tentang fashion style.

Apa sih fashion style itu?

Yang dimaksud dengan fashion style adalah perpaduan atau kombinasi antara gaya dengan desain yang akan dipilih, kemudian diterima, digemari, serta akan digunakan oleh masyarakat banyak. Kemudian fashion style tersebut akan dipakai dan memberikan manfaat. Fashion tersebut tidak akan sama dari waktu ke waktu. Karena fashion akan terus mengalami perubahan dan perbaikan.

Ternyata Fashion Style Punya Sejarah Tersendiri

Setelah mengetahui tentang pengertian fashion, berikut akan dijabarkan manfaat dari fashion.

  • Manfaat yang pertama dari fashion style adalah sebuah fashion akan memberikan rasa percaya diri bagi si pengguna.

Wanita yang memiliki tampilan menarik serta nyaman pasti memiliki rasa percaya lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang berpenampilan kurang menarik. Sebuah rasa percaya diri akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas. Selain itu rasa  percaya diri akan membuat hasil dari sebuah pekerjaan lebih maksimal.

  • Manfaat yang kedua dari fashion adalah akan memberikan saya tarik tersendiri.

Penampilan dan pakaian yang menarik pasti akan memikat orang yang melihat. Ditambah lagi jika penampilan tersebut rapi dan sopan, orang yang memandang aty berdekatan pasti akan merasa nyaman.

  • Manfaat yang ketiga dari fashion adalah akan memberikan  rasa bahagia.

Memanjakan diri tidak hanya dapat dilakukan dengan membeli barang baru, dengan memakai fashion yang menarik perhatian juga dapat memberikan rasa bahagia tersendiri.

Contoh dan ciri khas dari sebuah fashion.

Seperti yang sudah banyak diketahui, salah satu contoh fashion yang berasal dari Indonesia adalah batik. Motif batik sendiri sampai sekarang telah berkembang dengan pesat. Para perancang telah mengembangkan batik menjadi sebuah fashion yang menarik dan tidak monoton. Sekarang ini batik tidak hanya dipakai oleh orang-orang tua saja. Ada juga batik yang bisa dipakai oleh kalangan remaja. Batik tersebut tidak terlihat formal dan terkesan santai.

Dengan perkembangan batik tersebut, batuk memiliki beragam model dan dapat dipadukan dengan pakaian lainnya. Seperti misalnya dipadukan dengan celana jeans. Celana jeans memang banyak disukai oleh kalangan remaja. Untuk membuat batik dikenal di dunia luar bukanlah suatu hal yang mudah. Namun sekarang dunia sudah mengapresiasi batik.

Perkembangan dari fashion sendiri.

Keberadaan fashion di Indonesia tidak terlepas dari budaya Eropa dan Asia. Akhir akhir ini fashion di Indonesia juga dipengaruhi oleh budaya Korea. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali anak anak muda indonesia yang menyukai Korea. 

Pada awal perkembangannya, fashion di Indonesia lebih cenderung terpengaruh oleh budaya barat. Hal tersebut baik dari segi bahan maupun desain. Namun untuk kalangan orang tua, mereka lebih nyaman dengan pakaian tradisional. Contoh pakaian tradisional yang disukai orang tua adalah batik.

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi fashion.

  • Faktor pertama yang dapat mempengaruhi fashion adalah media massa

Tidak dapat dipungkiri, bahwa media massa sangat berpengaruh terhadap perkembangan fashion. Dengan media massa, perkembangan fashion dapat diketahui oleh dunia dengan cepat. Media massa seolah menjadi sosialisasi bagi fashion.

  • Faktor kedua yang dapat mempengaruhi fashion adalah dunia entertainment

Dunia entertainment menjadi faktor utama penyebaran sebuah fashion. Fashion dapat menyebarluas ke tengah tengah masyarakat di seluruh dunia melalui dunia entertainment.

  • Faktor ketiga yang dapat mempengaruhi fashion adalah media internet

Media internet menjadi faktor penentu, apakah fashion tersebut akan tersebar luas satu tidak. Contohnya seperti keberadaan website yang akan membagikan berbagai tips dan trend fashion terkini. Para desainer pun dapat membagikan karya karya mereka melalui media internet. Dengan begitu akan ada banyak orang yang mengetahui karya desainer tersebut.

  • Faktor keempat yang dapat mempengaruhi fashion adalah dunia bisnis

Di indonesia, dunia bisnis menjadi faktor berkembangnya fashion. Melalui dunia bisnis, para penjual menarik perhatian para pembeli dengan fashion.

  • Faktor kelima yang dapat mempengaruhi fashion adalah dunia musik

Dunia musik yang mempengaruhi fashion seperti hadirnya boyband dan girlband.

Lalu bagaimana sejarah fashion tersebut?

Berdasarkan perkembangannya, fashion Merupakan fase pergantian suatu budaya di dalam suatu organisasi atau kelompok. Selain itu, fashion merupakan faktor pengukur status sosial. Pada tahun 1000 Masehi awal, ciri khas dari fashion Eropa adalah klasik. Dimana baju tersebut memiliki ukuran yang besar. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor budaya pada masa itu. Dimana kebudayaan Eropa sangat menjunjung tinggi kesopanan. Sementara dewasa ini, setiap negara dan budaya seperti berlomba lomba untuk menciptakan fashion yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini dipengaruhi oleh persepsi dan pandangan yang berbeda. Persepsi dan pandangan yang berbeda tersebut mengakibatkan perkembangan fashion menjadi tidak terbatas.